ESAI
Trending

Continuous Improvemennt

Sebagaimana yang dipaparkan Ust. Rediansyah, S.E dalam Kajian Dhuha di Asrama SIT Al-Furqon Palembang, bahwa Continuous Improvement atau yang terkadang disebut sebagai Continual Improvement adalah sebuah improvement yang berkesinambungan dan berkelanjutan dari sebuah produk, proses, atau service melalui perbaikan yang berangsur-angsur atau melalui sebuah terobosan besar.

Untuk mengilustrasikan pentingnya Continuous Improvement, beliau mengutip sebuah cerita tentang seekor induk singa yang mengajari anaknya untuk menjadi lebih cepat setiap harinya agar bisa menangkap hewan buruan sehingga tidak harus mengalami kelaparan, sementara di tempat lain, seekor induk rusa mengajari anaknya untuk bisa berlari lebih cepat agar bisa menghindar dari buruan singa dan bertahan hidup. Continuous improvement memungkinkan kita menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Ada enam nilai dasar yang harus dimiliki agar seseorang bisa melakukan Continuous Improvement. Pertama, kejujuran. Kedua, Kerendahan Hati. Ketiga, Kerja Keras. Keempat, Kesabaran. Kelima, Keterbukaan Terhadap Hal Baru. Keenam, Keberanian.

Menjadi pribadi yang lebih baik merupakan salah satu nilai yang digaungkan Islam. Rasulullah saw bersabda,

“Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi. Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka.” (HR. Al Hakim).

Manusia tidak bisa lepas dari dosa dan kesalahan, baik kecil maupun besar. Sebagai agama yang penuh kasih, Islam tidak menghendaki pemeluknya terus menerus larut dalam kesalahan dan dosa. Itu sebabnya Allah membuka pintu tobat sebagai jalan awal manusia memperbaiki dirinya.

“Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan.” (QS. Hud: 3)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button