ESAI

10 Prinsip Dalam Proses Pendampingan Remaja Bermasalah

Penulis: Akasia Shabir

Setelah sebelumnya belajar bersama Bunda Juniarti, S. Pd mengenai “Remaja Dan Permasalahannya” kali ini kami belajar tentang “Permasalahan Remaja Tingkat SMP” bersama Bunda Triri Watuna, S. Psi di Ruang Meeting SMP IT Al-Furqon Palembang, Rabu 1 Maret 2023.

Disebutkan bahwa masa pubertas atau remaja awal adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, sikap atau perilaku, dan pematangan organ reproduksi.

Untuk waktunya sendiri, pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi lebih cepat dibanding pada anak laki-laki, yaitu pada rentang usia 10 – 14 tahun. Sementara laki-laki pada usia 12 – 16 tahun.

Secara signifikan ada tiga perubahan yang terjadi pada masa ini.

1. Perubahan Fisik
2. Perubahan Psikologis
3. Perubahan Tanggung Jawab Agama

Secara berkelompok peserta berdiskusi mencari solusi dari studi kasus yang diberikan pemateri

Masalah timbul ketika yang bersangkutan tidak mampu mengelola perubahan-perubahan tersebut dengan baik dan melaksanakan tugas-tugas pada masa perkembangannya.

Permasalahan yang ditimbulkan karena perubahan fisik yang tidak terkelola dengan baik, yakni sering mencemaskan penampilan, ketergantungan pada pornografi, dan ketergantungan pada aktivitas seksual.

Sedangkan pada perubahan psikologi, remaja cenderung lebih mudah menunjukkan emosi, mudah tertekan, dan mudah stres. Akibatnya si remaja jadi terlihat lebih pendiam, menyakiti diri sendiri, mudah berkonflik dengan orang dewasa, atau memiliki keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

Masalah yang sering timbul terkait dengan perubahan Tanggung jawab agama, yakni si remaja sering mengabaikan atau bermain-main dalam hal ibadah wajib, seperti telat sholat, melakukan dosa tanpa pikir panjang, memakai barang orang lain tanpa izin, mencuri, dan lain sebagainya.

Permasalah di atas tentu akan berdampak buruk bagi masa depan si Remaja. Oleh sebab, orang dewasa, dalam hal ini kita sebagai guru, harus mendampingi dan memberikan pemahaman agar remaja mampu mengelola perubahannya dan menyelesaikan tugas-tugas pada masa perkembangannya.

Bagaimana caranya?

Ada 10 prinsip yang bisa kita terapkan dalam proses pendampingan tersebut.

1. Luangkan waktu
2. Dengarkan remaja tanpa menghakimi
3. Coba pahami apa yang mereka rasakan.
4. Arahkan remaja untuk menemukan solusi
5. Ajari mereka cara menangani stres.
6. Dorong remaja untuk memilih orang yang bisa dipercaya untuk bercerita.
7. Ajari remaja untuk merencanakan sesuatu yang realistik.
8. Tanamkan rasa percaya diri.
9. Bantu remaja menemukan bakat dan aktivitas yang positif.
10. Doakan kebaikan untuk mereka.

Dan yang tidak kalah penting dari 10 prinsip di atas ialah guru sudah seharusnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebagus apapun pesannya kalau tidak disampaikan dengan cara yang tepat, pesan tersebut tidak akan sampai dan berdampak baik.

Palembang, 2023

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button