ESAI
Trending

Mengurai Kegelisahan

Dalam keremangan cahaya kamar, perasaan gelisah menghujani saya tak sudah-sudah, membuat saya kesulitan memejamkan mata, sementara itu, di atas tempat tidurnya, para santri sudah lelap dalam mimpinya masing-masing.

Tidak seperti biasanya, malam ini, kepala saya dipenuhi pikiran tentang segala sesuatu yang belum dan yang sudah saya capai dalam hidup ini.

Tiga puluh tiga tahun saya menjalani hidup. Deretan kisah terpajang dalam ingatan maupun perasaan–meskipun sebagiannya tampak samar, dan tidak terhitung sudah berapa banyak keringat, air mata, materi, dan lain sebagainya yang telah mengantarkan saya pada titik ini.

Apa yang belum dan yang sudah saya capai dalam hidup ini pada akhirnya mengantarkan satu pertanyaan kepada saya.

“Apakah semua itu benar-benar penting buat saya?”

Atau dengan kata lain, “Apa pentingnya saya memiliki semua itu?”

Bukan tanpa alasan mengapa saya melontarkan pertanyaan tersebut kepada diri sendiri. Sebab, ada kalanya, bahkan sering, saya merasakan lelah yang asing setelah berhasil mencapai sesuatu dalam hidup ini, baik itu materi maupun prestise.

Aneh rasanya mendapati diri saya justru tidak merasa bahagia ketika berhasil memperoleh sesuatu yang saya inginkan.

Jangan-jangan apa yang saya dapatkan itu bukan sesuatu yang benar-benar saya inginkan?

Jangan-jangan apa yang saya dapatkan itu bukan sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan sejati?

Jangan-jangan saya melakukan semua itu karena faktor luar? Ingin dipuji, ingin dihargai, ingin diterima oleh orang-orang di sekitar saya?

Kemudian, sebelum saya menyelesaikan tulisan ini, saya menyadari satu hal:

Momen-momen seperti ini–ketika sesuatu hal dalam hidup dipertanyakan–adalah momen yang sebetulnya memberi kesempatan kepada saya untuk bisa melihat hidup ini lebih jauh dan dalam, lalu menemukan hakikat sejati mengapa sesuatu itu penting untuk kita lakukan dan miliki, jangan sampai kita terjebak dalam hakikat yang semu.

Palembang, 2022

Penulis: Akasia Shabir

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button