ESAI
Trending

Man Jadda Wa Jadda

“Ketahuilah ilmu tidak akan didapat oleh orang yang pikirannya tercurah pada makanan dan pakaian”. (Imam Syafi’i)

Itu sebabnya kami menganjurkan agar siswa diberi uang jajan sewajarnya. Selain menghindari sifat boros, juga agar siswa lebih terkonsentrasi pada ilmu. Sudah mafhum di kalangan ahli ilmu, terlalu banyak makan dan tidur akan mengurangi jiddiyyah atau kesungguhan belajar.

Makan tiga kali sehari dengan menu variatif dan beragam,  lezat dan bergizi ditambah snack pagi dan sore insya Allah sudah mencukupi kebutuhan energi anak-anak. Belum lagi bekal makanan, seperti roti dan susu dari rumah, rasa-rasanya itu sudah lebih dari cukup. Tapi namanya juga orang tua, selalu ingin yang terbaik bagi anaknya. Tidak jarang masih memberi uang jajan berlebih. Sebagian dari anak-anak terlihat lebih sibuk dengan makanannya ketimbang dengan buku atau al-Qurannya.

Namun kami bersyukur, ternyata ada beberapa siswa yang mengaku jarang jajan dan memilih menabung uang pemberian orang tuanya. Ada juga yang memilih merutinkan puasa senin-kamis. Mereka bukannya tidak ada uang atau kehabisan bekal. Mereka punya, tapi memilih mengendalikan diri. Pikir saya, mereka sudah mengamalkan sifat Zuhud, berpunya namun tetap menjaga jarak dengan nafsunya.

Kalau diperhatikan siswa-siswa yang berpuasa itu telah berada di masjid sangat awal dengan al-Quran di tangannya. Sementara yang lainnya sibuk main atau tengah jajan di kantin. Dalam hati saya bergumam, alangkah indahnya kalau anak-anak bisa seperti itu semua. Kemana-mana bawa mushaf, atau bawa buku untuk dibaca. Di kamar, di masjid, di lapangan, yang dipegangnya al-Quran, bukannya jajanan. Mulutnya menggumamkan hafalan, bukan mengunyah makanan.

Tapi kesungguhan seperti ini sudah langka sekali. Padahal kunci sukses menuntut ilmu adalah man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil.

Penulis: Alfi Muhammad

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button