KALAM
Trending

Kunci Kebahagiaan

ORANG-orang bahagia, membuka jendela hari di awal pagi dengan harapan, lalu menutupnya di malam hari dengan senyuman.

Diselaminya setiap peristiwa dan tidak bergoncang hatinya selama hari itu dia adalah orang yang taat. Tiada khawatir pada hari esok, karena itu masih rahasia Tuhan, dan tidak terbebani oleh hari kemarin karena ia tak bisa kembali. Dia hadapi hari ini seolah hanya untuk hari ini saja dia hidup, maka ia memberikan yang terbaik dari amalnya. Dia mungkin punya rencana yang tersusun rapi, tapi ia menggantungkan hasilnya pada Tuhan, sedang ia hanya berikhtiar dengan segenap kemampuan.

Orang beriman lembar demi lembarnya bercerita tentang syukur dan sabar. Tidak tenggelam oleh kesedihan saat kehilangan dan tidak terlalu gembira saat mendapatkan. Hatinya tidak tergantung pada selain Allah karena itu adalah sumber kelemahan.

Tidak mengeluh dengan yang sedikit dan tidak lupa diri saat berkelimpahan.

Hari-harinya mungkin tidak selalu indah, tapi imannya membisiki bahwa semua yang baik dan buruk ditulis oleh tangan yang sama. Maka dia selalu bisa memandang sisi indah dari sesuatu. Dia yakin apapun yang diberikan Allah selalu baik adanya. Fokusnya hanya melakukan yang terbaik, dan meninggalkan perbuatan dosa. Sebab bahagia itu ada dalam mengamalkan ajaran agama, pedomannya al-Quran dan sunah nabi yang mulia

Rasulullah saw bersabda,

“Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya.”(HR. Muslim)

Penulis: Alfi Muhammad

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button