KALAM
Trending

Ahli Pikir

Bukan berarti sering membahas akhlak lantas ilmu tidak penting. Justru anak-anak di sini harus pintar. Harus jadi ahli pikir.

Bagaimana tidak harus pintar? Di sini anak-anak selalu membaca al-Quran, bahkan menghafalnya. Kepada mereka kami katakan, al-Quran yang kalian baca itu memerintahkan kalian supaya menjadi orang berpengetahuan. Bahkan ayat yang pertama kali turun adalah iqro. Artinya bacalah. Membaca itu gerbang ilmu. Sementara di dalam al-Quran ilmu dengan semua derivasinya disebut 854 kali. Belum kata akal, 49 kali. Ulul albab 16. Dan masih banyak kata lain yang mengisyaratkan supaya umat islam pintar-pintar.

Bahkan saat kajian tadabbur Quran setiap ba’da magrib, tatkala membahas Qs. al-Baqarah 30-39 kami sampaikan perihal kecerdasan ini ke anak-anak. Bahwa rahasia kenapa Nabi Adam diangkat menjadi khalifah di muka bumi terletak pada kecerdasannya. Dengan pengetahuan yang dimilikinya itulah, malaikat-malaikat semuanya sujud mengakui keunggulan Nabi Adam.

Nabi adam itu ayah kita semua. Manusia pertama. Artinya, sebagai anak cucunya mari kita makmurkan bumi ini dengan keringat dan ilmu pengetahuan. Jangan kalah pintar dengan orang lain. Sudah saatnya dunia ini dikelola oleh pribadi-pribadi cerdas dan bertaqwa. Itulah harapan kami terhadap anak-anak ini, mewujudkan generasi ahli pikir yang shaleh dan shalehah.

Allah berfirman : “Bahwasanya bumi itu akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang shaleh.” (QS. Al-Anbiya: 105)

Penulis: Alfi Muhammad

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button