NEWS
Trending

Bahasa Arab Intensif: Upaya Menjaga Agama Dan Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Bahasa Arab merupakan kelompok bahasa yang dipertuturkan lebih dari 200 jiwa dan menjadi bahasa resmi di 26 negara sehingga menjadikannya sebagai bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahasa Arab faktanya telah mempengaruhi sejumlah besar bahasa, termasuk sebagian besar bahasa Eropa serta Asia dan Afrika. Dalam Bahasa Indonesia kita mendapati sebagian kosa yang merupakan serapan dari Bahasa Arab, seperti masalah, berkah, lalim, kabar, derajat, rezeki, dan mungkin.

Selain menjadi alat komunikasi internasional, yang tidak kalah pentingnya, Bahasa Arab merupakan jembatan penghubung kaum muslimin dengan sumber utama ajaran agamanya sendiri, yaitu Al-Quran.

Al-Quran diturunkan dalam Bahasa Arab. Oleh sebab itu tidak ada jalan lain untuk memahami isi Al-Quran kecuali dengan menguasai Bahasa Arab.

“Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali di dalamnya sebagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka.” (QS. Taha: 113)

Mempelajari bahasa Arab bagian dari upaya mensyiarkan Islam. Sebab Islam dan Bahasa Arab adalah satu kesatuan yang utuh. Ketika penganutnya telah asing dengan Bahasa Arab, asing pula mereka dengan agamanya.

Sayidina Umar berkata, “Pelajarilah Bahasa Arab, karena ia bagian dari Agamamu.”

Atas dasar itulah Program Bahasa Arab Intensif digulirkan Asrama SIT Al-Furqon Palembang .

Penulis: Akasia Shabir

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button